Bangko Dan Kecamatan Jangkat Rawan Konflik Pemilu

Merangin, informasikita.com – Jelang pemilihan umum yang bakal di gelar pada tanggal 14 februari mendatang, dari 24 kecamatan yang ada di kabupaten Merangin setidaknya ada dua wilayah yang di petakan rawan dalam pemilihan.

Dua daerah tersebut adalah kecamatan jangkat dan Bangko,hal ini di dasari oleh penduduk yang sangat heterogen selain itu jumlah caleg untuk DPRD kabupaten juga banyak, sehingga di mungkinkan terjadi gesekan antar pendukung calon.

Seperti yang di ungkapkan oleh Mulyono Kakan kesbangpolinmas kabupaten Merangin, mengatakan bahwa dari hasil pemetaan wilayah yang di nilai rawan ada dua kecamatan yang potensial rawan pergesekan.

” Dari hasil pemetaan kerawanan konflik dalam pemilu, ada dua kecamatan ini rawan gesekan, sebab dengan penduduk yang heterogen serta banyaknya caleg, menjadi rawan terjadi gesekan” ungkap Mulyono,(9/2)

Namun menurut Mulyono, potensi untuk chaos tidak ada sebab masyarakat makin pintar dalam menentukan pilihan dan bisa memilih siapa yang pantas untuk mewakili masyarakat di legislatif.

” Kalau terjadi keributan dan chaos tidak mungkin terjadilah, sebab masyarakat hari ini sudah makin cerdas dalam menentukan pilihan masing masing ” ujarnya.

Sementara itu, Kesbangpol juga memetakan kecamatan yang sulit dan butuh waktu untuk mendistribusikan logistik pemilu, karena faktor transportasi .

” Ada kecamatan Tabir barat desa air Liki, yang butuh waktu tempuh karena jalannya masih sulit dilewati kendaraan roda empat, selain itu pilihan mendistribusikan dengan mengunakan perahu tentu memiliki resiko tinggi di tengah cuaca seperti saat ini,” ucapnya lagi .

Sementara itu untuk kecamatan jangkat terdapat desa lubuk mentilin,Renah kemumu,tanjung Kasri, yang butuh waktu tempat lama.

” Faktor jalan serta cuaca untuk bisa mendiskusikan logistik pemilu bisa sampai, jiwa watu normal bisa 6-7 jam baru sampai di daerah itu, tapi yang jelas pemerintah daerah dengan di bantu TNI polri, siap mengawal pendistribusian logistik pemilu dengan aman, semoga saja pemilu kali ini Merangin tetap aman dan kondusif ” ujarnya singkat.

Seperti di ketahui bahwa kabupaten Merangin merupakan salah satu kabupaten terluas di propinsi Jambi,dengan luasan wilayah yang mencapai 7,668,61 Km3, dan terdapat jumlah populasi penduduk 357.315 jiwa terdiri dari penduduk laki laki 139.669 jiwa, perempuan 136.607 yang tersebar di 24 kecamatan terdapat 205 desa dan 10 kelurahan, memiliki jumlah TPS sebanyak 1202 TPS.

Reporter Daryanto

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours